Post

BUKA WAWASAN, SIARAN DIGITALISASI UNTUK SEMUA

Blog Single

14702477_10209551740222915_3185018967869190113_n (1)

Sebagai bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia yang selama 54 Tahun ini menyatukan, TVRI telah lekat bernaung di hati sanubari penonton setia dalam perjalanan karirnya akan tayangan yang mendidik dan sarat akan konten positif di tengah persaingan era televisi masa kini yang lebih mengutamakan rating dan materi komersil yang tentunya menggeser faedah penanyangan dan makna edukasi terhadap manfaat yang di dapatkan masyarakat.

Sejatinya jalur frekuensi siaran publik yang dimiliki oleh televisi  tersebut harus mewakili kepentingan masyarakat Indonesia akan siaran yang Bebas Iuran Bulanan dan tayangan yang memberikan manfaat pembangunan karakter bangsa dan sarat akan budaya budi pekerti luhur.

Telah kita lihat dan saksikan bagaimana televisi bagai pedang bermata ganda yang  memberikan dampak positif dan kontradiksi dalam kehidupan bermasyarakat, tanpa bimbingan dan wawasan yang cukup masyarakat bisa saja keliru dalam mencerna maksud dan tujuan tayangan. Bahkan layaknya sebuah buku, televisi bisa saja menjadi media yang meng’inception / menanamkan pola pikir yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan. Bisa itu motivasi, hiburan, pengetahuan, bahkan sebuah intervensi yang bisa saja menentukan arah perjalanan pembangunan suatu bangsa.

Berbekal landasan pentingnya televisi yang sehat di konsumsi masyarakat dan pentingnya keberadaan Televisi Republik Indonesia  sebagai salah satu televisi yang memberikan manfaat positif. TVRI selalu berbenah diri, mulai dari meningkatkan kualitas tayangan bahkan memperbaiki kualitas siaran dengan mulai menerapkan siaran digital yang lebih mendukung kualitas gambar yang tajam dan jelas  dari televisi analog sebelumnya, serta memungkinkan siaran yang memiliki channel televisi lebih banyak.

14980556_216589555438754_7881881064845678808_n

Dengan era Digitalisasi tersebut secara berkala seluruh stasiun TVRI di seluruh Indonesia juga ikut menikmati dan menggunakan siaran digital yang merata serta tentunya memberikan kesempatan kepada seluruh stasiun TVRI daerah untuk berkarya sebagai bagian dari garda terdepan siaran TVRI nasional yang memberikan sumbangsih nyata akan siaran lokal yang berkualitas.

Tidak terkecuali TVRI Stasiun Kalimantan Tengah, Kami bergembira dan ikut merasakan gelora semangat perubahan Digitalisasi Televisi yang telah dilakukan TVRI tepatnya berjalan di stasiun Kalimantan Tengah ini pada triwulan akhir tahun 2016.

Kitapun merasakan Pro dan Kontra Siaran Digital yang terjadi pada masyarakat provinsi Kalimantan Tengah, Persaingan tayangan dan kebutuhan informasi masyarakat masih lebih bayak tergantung menggunakan siaran televisi kabel karena keadaan infrastruktur daerah yang sulit dijangkau bahkan bagi masyarakat kabupaten pemekaran dalam memperoleh siaran selama ini.

14956432_216589652105411_8176223569926771331_n

Bagaimana tantangan kendala tersebut kini bukan menjadi alasan lagi untuk kami, Insan TVRI Stasiun Kalimantan Tengah di bawah dimbingan kepala stasiun TVRI Kalteng Aji H. Erawan dan seluruh rekan kerja yang ada di stasiun ini kami belajar memahami manfaat dan pentingnya Digitalisasi Televisi, kami sepakat akan menjadi bagian perubahan dan memberikan tanyangan dan siaran yang lebih baik.

SOSIALISASI TVRI GOES TO DIGITAL, nama yang kami berikan dalam gerakan kami ini. Secara ON Air dan OFF Air tayangan edukasi TVRI digital telah berkala kami sampaikan. Bahkan setiap pekan kami habiskan di waktu senggang kami untuk bersosialisasi di Arena Car Freeday Bundaran Besar palangka Raya, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah.

Hiruk pikuk keseruan kegiatan kami menarik perhatian masyarakat!, kami membuat booth photo Siaran Digital TVRI dan Sosial media TVRI yang ternyata di sambut positif oleh masyarakat sekitar yang  ramai berphoto dan meng’unggah di media sosialnya.

Replikasi Konsep Chromakey siaran berita pun kami gunakan untuk menyentuh wawasan masyarakat bahkan pejabat pemerintah, salah satunya Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran yang ketika itu ada di Arena car Freeday, Beliau pun mendukung gerakan Digitalisasi TVRI agar masyarakat dapat memanfaatkan Siaran FREE AIR yang di canangkan TVRI sebagai siaran digital yang bebas Biaya Bulanan dan memiliki siaran positif mengenai pembangunan, hal itu beliau sampaikan sembari berperan layaknya Seorang Anchor News Televisi tak pelak kegiatan kami pun semakin menarik perhatian masyarakat sekitar.

Kamipun memanfaatkan setiap moment yang ada dengan meminta masukan kritik dan saran kepada masyarakat yang ada di sekitar arena Car Free Day dengan menyebarkan kuisioner untuk di isi yang nantinya akan kami jadikan sebagai tolok ukur acuan kinerja kami selama ini, Tidak lupa kami pun mensosialisasikan program acara TVRI Nasional dan TVRI Stasiun Kalimantan tengah sembari mengucap terima kasih dan memberikan souvenir sederhana sebagai bentuk kenang-kenangan atas partisipasi yang telah diberikan.

Akhir kata dengan segala kerendahan hati kami berharap TVRI bukan saja menjadi mitra pemerintah, tetapi juga berjalan santun dan luhur merangkul masyarakat. Gerakan ini bukan hanya sekedar gerakan SOSIALISASI TVRI GOES TO DIGITAL tetapi juga sebagai GONG Semangat pembaruan bahwa TVRI akan selalu berada untuk kepentingan masyarakat dan TVRI di seluruh Stasiun Indonesia dapat melakukan gerakan yang memiliki semangat kerja dalam karya pembangunan yang sejalan dengan pemerintah dan kepentingan masyarakat, sehingga Bukan hanya tentang televisi digital tetapi manfaat digitalisasi tersebut dapat di maksimalkan secara menyeluruh.

Oleh, Jadmiko Agung Wicaksono, TVRI Stasiun Kalimantan Tengah (Tim IT TVRI Kalimantan Tengah)

MEDIA SOSIAL :

Facebook            : TVRI Kalimantan Tengah

Instagram           : @tvrikalteng

Twitter                  : @tvrikalteng