Post

Prof. Bandem: TVRI Bali Mendukung Pelestarian Seni & Budaya Bali

Blog Single

Budayawan yang juga maestro seni, Prof. Dr. I Made Bandem, menilai selama ini TVRI Bali telah turut mendukung pelestarian seni dan budaya Bali.

Bandem mencontohkan siaran pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) yang ditayangkan secara utuh. Bahkan pagelaran seni dan budaya yang digagas Pemprov Bali,
Bali Mandara Mahalango, juga kerap disiarkan oleh TVRI Bali.

“Program-program yang ditayangkan tersebut sangat unik dan menjadi TVRI Bali berbeda dengan stasiun-stasiun penyairan lainnya”, ucap Bandem.

TVRI Bali juga telah memberikan informasi yang sangat baik kepada masyarakat karena memberikan ruang dalam membangun diaog antara seniman, masyarakat, pemerintah dan pemangku-pemangku
kepentingan lainnya.

“Media seperti TVRI Bali dibutuhkan oleh para seniman untuk mengekspresikan gagasan-gagasan, ide-ide karya seninya kepada masyarakat”, ucapnya.

Sebagai media yang sangat penting di Bali, Prof. Dr. I Made Bandem berharap agar terus menampilkan program-program acara seni dan budaya yang semakin berkualitas.

Selama ini, TVRI Bali telah memiliki program seperti bina Tari (Trita) atau bina karawitan (Gegirang), namun juga perlu sebuah acara ‘skesta budayawan’, yang menampilkan tokoh-tokoh seniman dan budayawan yang dikemas dalam dialog interaktif bersama pemirsa.

“Karena Bali hanya memiliki modal seni dan budaya yang bisa ditampilkan ke seluruh dunia, untuk itu saya berharap TVRI Bali, mampu turut serta dalam mengusung misi tersebut”, ucap Bandem.