Post

Wagub DKI Tinjau Harga Bahan Pangan Menjelang Idul Fitri 1439 H

Blog Single

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, melakukan tinjauan ke pasar tradisional, di jalan Senen Raya, Jakarta Pusat, Senin (11/06/18).

Sandi menyelusuri satu persatu tempat dagang  seperti ikan ,daging ayam, dan cabe serta sayuran.  Sandi mengatakan meskipun harga bahan makanan ini stabil, namun masih ditemukan beberapa bahan makanan yang masih naik, yakni daging ayam dan cabe merah kriting.

“Alhamdulillah terpantau harga-harga stabil, ada beberapa komoditas yang memerlukan perhatian khusus yaitu seperti cabe merah keriting dan juga tadi daging ayam yang sedikit naik harganya, “ jelas Sandi.

Sandiaga akan koordinasi kepada Menteri Perdagangan terkait ,ditemukan harga bahan pangan yang masih naik di pasar tradisional dan Sandi menjamin stock bahan makanan aman pada lebaran Idul fitri 1439 H.

“Kita harapkan dalam beberapa hari menjelang lebaran bisa ditambah suplainya distribusi diperlancar saya akan koordinasi dengan Menteri Perdagangan, teman-teman pengepul dan pemasok , kita ingin harga-harga stabil,” ungkapnya.

Sedangkan untuk daging sendiri terjadi kenaikan, namun menurut Sandi masih dalam batas toleransi. Dirinya memantau kestabilan harga pangan menjelang lebaran tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.

“Harga daging sedikit meningkat, namun masih dalam batas toleransi secara umum lebih baik dari tahun lalu,” katanya.

Sandi ingin merubah perilaku pedagang dan juga pembeli pada saat menjelang hari raya lebaran yang menaikan harga pangan, karena dirinya memantau suplai dan distribusi pangan lancar di pasar Kramat Jati.

“Rata-rata pedagang saya tanyakan kenapa tinggi? ya kan pak setahun sekali, padahal suplainya cukup di Kramat Jati juga cukup. Kebiasaan dari tahun-tahun lalu sebelumnya menaikan harga H-5. Kita ingin merubah perilaku pedagang dan pembeli, bahwa dengan suplai yang cukup distribusi lancar terbuka berkeadilan seharusnya kita tidak mengalami fluktuasi harga, “ ungkapnya.

(rj)