Post

SNG Van TVRI Bali

Blog Single

Dalam beberapa kesempatan, publik sering bertanya dengan awak media TVRI Bali, bagaimana TVRI Bali menyiarkan siaran langsung dari sejumlah tempat?

Apakah bermodal kamera + mic saja? Terus bagaimana caranya mengirimkan hasil liputan ke stasiun TV untuk ditransmisikan kepada para pelanggan layanan televisi? Apakah direkam?

Berkembangnya peralatan teknologi informasi, tentu memberikan dampak juga terhadap media penyiaran. Penggunaan Skype misalnya, membantu awak media melakukan reportase langsung dari lapangan.

Namun tidak itu saja. TVRI Bali juga memiliki peralatan yang sesuai dengan standar broadcast untuk menyiarkan secara langsung berbagai peristiwa dari tempat kejadian.

Peralatan tersebut adalah SNG VAN atau mobil Satellite News Gathering (SNG). Di dalam mobil SNG ini terdapat berbagai peralatan dan fitur yang mampu mendukung terciptanya penyiaran secara langsung di tempat kejadian.

Kehadiran SNG VAN di TVRI Bali, tentu meningkatkan kemampuan penyiaran publik ke tengah masyarakat.

Beragam siaran langsung, seperti Pawai Pesta Kesenian Bali, tidak bisa lepas dari kehadiran SNG VAN. Liputan arus mudik tahun 2016 dari beberapa titik seperti Bandara Internasional Ngurah Rai, Terminal Ubung Denpasar dan Pelabuhan Gilimanuk, juga sukses dilaporkan dengan adanya SNG VAN TVRI Bali.

Namun, sejatinya SNG VAN TVRI Bali ini, adalah milik masyarakat Bali dan Indonesia pada umumnya. Hal ini terbukti dalam sejumlah event di luar Bali, kontribusi SNG TVRI Bali juga besar. Seperti siaran langsung pertandingan Sepakbola di Jawa Timur dan HUT PWI di Nusa Tenggara Barat yang dihadiri langsung Presiden Joko Widodo, mampu disiarkan TVRI berkat peralatan SNG VAN ini.

Kami berharap, kehadiran SNG VAN ini mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam memberikan informasi demi terwujudnya masyarakat yang lebih baik.