Post

Bea Cukai dan BNN Ungkap Pengiriman Katinon Melalui Jasa Pos

Blog Single

Bea dan Cukai beserta BNN berhasil mengungkap pengiriman narkotika jenis katinon, yang berasal dari Lagos.  Narkotika jenis katinon yang berasal dari daun khat ini dikirimkan ke Indonesia dengan modus melalui jasa pos.

“Mereka (pengedar) menyelundupkan dari Lagos, ini adalah impor dari Lagos yang melalui kantor pos di Pasar Baru sebanyak 68 kg,” ungkap Dirjen Bea dan Cukai,  Heru Pambudi. (28/05/18).

Melalui Peraturan Menteri Kesehatan nomor 7 tahun 2018, daun khat yang menghasilkan zat katinon adalah sebagai zat terlarang.

“Jadi penyelendupan pemasukan ilegal jenis narkotika baru dari impor yaitu daun khat yang menghasilkan zat katinon, merupakan substance yang berdasarkan peraturan Permemenkes nomor 2 tahun 2017,  yang terakhir yang dirubah menjadi Permenkes nomor 7 tahun 2018 ini dinyatakan  sebagai terlarang, ” lanjut Heru.

Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari menyampaikan bahwa katinon sudah masuk dalam UU narkotika,  sehingga masyarakat perlu mengetahui bahwa katinon adalah zat terlarang.

“Khusus untuk katinon bukan baru pertama kita temukan, yang seperti saudara ketahui katinon menjadi bagian yang tidak terpisahkan UU nomor 5 tahun 2009 tentang narkotika. Kami perlu pemberitaan yang benar dan akurat kepada masyarakat bahwa katinon golongan narkotika,” kata Arman Dapari. (25/05/18).

Adapun katinon yang berhasil diamankan oleh Bea Cukai dan BNN merupakan katinon yang tumbuh secara alami. Pihak BNN mendeteksi bahwa pusat kontrol pengiriman katinon ke Indonesia berada di Malaysia yang dilakukan oleh seorang wanita warga negara Indonesia.

“Katinon yang kita sita adalah katinon tumbuhan atau alami, terdiri atas dua jenis daun merah dan hijau. Katinon tersebut dikirim dari Ethiopia, dan kami mendeteksi bahwa pusat kontrol berada di Malaysia dan sejauh pemeriksaan yang kita lakukan adalah pengiriman ini dilakukan oleh satu orang perempuan warga negara Indonesia yang berada di Malaysia,” jelas Irjen Pol Arman Depari. (crpt).