Post

Penandatangan Pakta Integritas LPP TVRI Jakarta dan Banten

Blog Single
Rabu, 18 April 2018 Pejabat eselon 3 dan 4  dan seluruh karyawan dan karyawati TVRI Stasiun DKI Jakarta menandatangani Pakta Integritas disaksikan Ketua Dewan Pengawas, Direktur utama, Direktur Umum LPP TVRI dan Kepala TVRI Stasiun DKI Jakarta Bapak Zainuddin Latuconsina.
Penandatanganan Pakta Integritas ini merupakan salah satu bentuk komitmen seluruh jajaran pimpinan dan karyawan baik di kantor pusat maupun di Stasiun daerah untuk memperbaiki dan meningkatkan kenierja menuju terwujudnya Reformasi Birokrasi di TVRI.
6 poin yang tertuang dalam Pakta integritas adalah:
1. Bersikap dan bertindak sesuai ketentuan dalam Aturan Perilaku Pegawai
2. Bersikap transparan , jujur, obyektif dan akuntabel dalam melaksanakan tugas
3. Senantiasa berusaha memenuhi standart kerja/profesi , meninfkatkan kompetensi serta menggunakannya dalam pelaksanaan tugas dengan kecakapan (proficiency) kecermatan, dan kehati-hatian secara profesional(due profesiona care)
4. Berperan secara proaktif  dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela
5. Mematuhi segala peraturan perundang-undangan dan menghindari pertentangan kepentingan(conflict of interest) dalam melaksanakan tugas
6. Menyampaikan informasi penyimpangan integritas yang terjadi di lingkungan LPP TVRI.
Apa sebenarnya yang dimaksud integritas ? Kata integritas belakangan kerap kali fisebut terutama jika dikaitkan dengan kepemimpinan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian integritas adalah mutu, sifat, dan keadaan yang menggambarkan kesatuan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran.
Menurut Henry Cloud konsultan leadership, integritas tidak terlepas dari upaya menjadi orang yang utuh dan terpadu, yang bekerja dengan baik dan menjalankan fungsinya sesuai dengan apa yang telah dirancang sebelumnya. Integritas sangat terkait dengan keutuhan keefektifan seseorang sebagai insan manusia.
Sementara menurut Ippoh Santoso motivator, entrepreneur dan penulis buku best seller 7 Keajaiban rejeki, integritas diartikan sebagai menyatunya pikiran , perkataan dan perbuatan untuk melahirkan reputasi dan kepercayaan.
Senada dengan Henry Cloud dan Ippoh Andreas Harefa, mengatakan integritas meripakan 3 kunci yang bisa diamati yakni: memenuhi kejujuran, memenuhi komitmen dan mengerjakan sesuatu dengan konsisten.
Menarik bicara integritas di TVRI, karena integritas adalah kunci sukses yang harus dilaksanakan dan tidak boleh ditawar lagi jika ingin TVRI menjadi lembaga yang lebih bersih, lebih profesional dan lebih terukur.
Wajar kiranya jika semua syake holder internal TVRI dieajibkan menandatangani PAKTA INTEGRITAS dengan satu harapan mulia menuju TVRI yang lebih baik.
TVRI sebagai lembaga penyiaran  publik diharapkan mampu menyiarkan program-program informatif, mrndidik, mengutamakan program budaya dan kearifan lokal untuk memperat NKRI.
SDM TVRI sebagai unsur “kekuatan” yang dimiliki TVRI dengan penandatangan Pakta Integritas ini, baik Pimpinan maupun karyawan tidak dibenarkan lagi bekerja semau gue, suka-suka atau yang penting sudah kerja. Semua harus kembali bekerja sesuai tatanan yang ada sesuai SOP, sesuai peraturan , sesuai norma dan etika.
Selain itu Pimpinan dan karyawan harus loyal pada lembaga ini. Loyalitas harus dijunjung tinggi, loyalitas adalah keharusan.
Mengapa harus loyal ?
Loyalitas adalah the quality  of being loyal (Oxford Dictionary). Loyal diartikan giving or showing firm and constant support  or allegiance to a person or institusion.
Jika diartikan secara bebas didefinisikan sebagai tindakan memberi atau menunjukkan dukungan dan kepatuhan yang teguh dan konstan kepada sesrorang atau institusi.
Langkah telah dimulai, tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan menuju lebih baik. Pakta Integritas telah ditanda tangani bagaimana jika terjadi pelanggaran ? Selayaknya produk hukum, maka jika terjadi pelanggaran harus diberlakukan sanksi sebagai konsrkuensi penegakan peraturan.
Saya yakin jika kita semua loyal pada TVRI, menjunjung tinggi integritas dan loyalitas pada lembaga dimana kita bekerja, melakukan yang terbaik dari lingkup yang paling kecil, inshaallah sinergi ini akan berdampak signifikan bagi  TVRI yang lebih baik , lebih bersih dan lebih sehat. (ET)