Post

Frischa Aswarini: Riset Menjadi Kunci Sukses Presenter Dialog

Blog Single

Ni Made Frischa Aswarini menjadi salah satu presenter berbakat yang dimiliki TVRI Bali. Pembawaannya yang tenang dan luwes menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki perempuan kelahiran 17 Okotber 1991 ini, dalam setiap membawakan acara dialog Wacana Publik, yang hadir setiap hari Selasa dan Jumat di TVRI Bali.

Frischa Membawakan Wacana Publik
Frischa Membawakan Wacana Publik

Dalam setiap dialog, Frischa juga kerap menyisipkan pertanyaan yang tajam dan lugas untuk menggali lebih dalam informasi narasumber, sehingga topik yang dibahas mampu memberikan pemahaman serta pengetahuan bagi masyarakat.

Menurut Frischa, kunci sukses membawakan  acara dialog adalah mempelajari topik dengan melakukan riset, membaca sumber-sumber informasi seperti koran dan berita online.

“Saya juga kerap menghubungi teman-teman reporter di TVRI Bali atau wartawan media lain, untuk mengetahui perkembangan isu tertentu. Selain itu, untuk memperdalam pembahasan, saya biasanya baca buku dan diskusi dengan teman-teman praktisi sesuai topik yang sedang diangkat”, ujar Frischa (19/7).

Menurut Frischa, presenter acara televisi ikut bertanggungjawab terhadap informasi yang diketengahkan kepada publik.

“Presenter kiranya tidak sekadar melontarkan pertanyaan ke narasumber, namun sewajibnya ia paham mana pertanyaan yang akan menghasilkan jawaban dan informasi yang sungguh dibutuhkan publik”, ujarnya.

Maka percakapan selama beberapa menit sebelum on air dengan narasumber menjadi cukup penting.

“Semua hal ini bagi saya adalah tantangan namun juga suatu kegembiraan”, ucap Frischa yang juga dikenal sebagai penyair dan penulis berbakat di Bali dan Indonesia.

Frischa reportase Mudik Asyik TVRI
Frischa reportase Mudik Asyik TVRI

Kemampuannya dalam mengolah informasi serta membawakan acara yang baik, membuatnya sering dipercaya untuk melakukan dialog dengan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, reportase acara kenegaraan seperti, APEC, BDF maupun acara-acara tingkat nasional dan internasional yang harus disiarkan oleh TVRI.