Post

Direktorat Metrologi Kementerian Pergadangan RI Tinjau Mesin SPBU di Kota Tangsel yang Didapati Melakukan Kecurangan

Blog Single

Direktorat Metrologi Kementerian Pergadangan RI meninjau serta memeriksa stasiun pengisian bahan bakar umum yang berada di kampung Sawah, Ciputat kota Tangerang Selatan usai disegel oleh Kepolisian Daerah Metro Jaya beberapa waktu yang lalu.

Satu persatu mesin di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang berada di jalan Merpati Raya kampung Sawah, Ciputat kota Tangerang Selatan diperiksa oleh Direktorat Metrologi Kementerian Pergadangan RI

Kepala Seksi Penegak Hukum Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan, Nona Martin mengatakan dari hasil pemeriksaan ulang yang dilakukan pada pompa ukur petugas menemukan jika SPBU ini telah melebihi batas kesalahan yang telah dijinkan.

“Hasil ukur ulang terhadap pompa ukur tersebut lebih dari batas kesalahan yang diizinkan, di mana batas kesalahan yang diizinkan lebih kurang 0,5 persen,” ungkap Nona Martin, (02/05/18).

Pemeriksaan yang dilakukan oleh tim Direktorat Metrologi Kementerian Pergadangan, petugas menemukan adanya kejanggalan pada sejumlah mesin di SPBU di antaranya, yaitu bekas tambahan kabel dan soket yang diduga menjadi alat pengendali dalam melakukan takaran kecurangan.

“Hasil pemeriksaan tindak lanjut yang kami lakukan memang ditemukan ada beberapa titik-titik disinyalir ada alat tambahan yang dapat mempengaruhi hasil ukuran,” lanjut Nona Martin.

Menurut Nona Martin, SPBU tersebut melanggar pasal Metrologi Legal yang dapat dikenakan sansksi pidana.

“Hal tersebut melanggar pasal 25 huruf d sampai dengan e, dan juga pasal 27 ayat 1 UU nomor 2 tahun 19981 tentang Metrologi Legal, apabila melanggar Undang-Undang tersebut dikenakan sanksi pidana,” kata Nona Martin.