Post

Nuryati Solapari Buruh TKW yang Sukses

Blog Single

Nama Nuryati Solapari memang sudah tidak asing lagi di Indonesia, karena perjuangannya meraih pendidikan, yang dimulai dari bekerja sebagai TKI, hingga berhasil meraih gelar Doktor dari fakultas hukum Universitas Padjadjaran Bandung.

Nurhayati Solapari menuai decak kagum hingga, menjadi motivasi setiap orang yang mendengar kisahnya. Tidak hanya sekedar bergelar Doktor, Nuryati Solapari pun lulus dengan predikat memuaskan setelah berhasil mempertahankan disertasinya dalam sidang guru besar fakultas hukum Universitas Padjadjaran.

Perjalanan kehidupan wanita kelahiran Subang tersebut, berawal seusai menyelesaikan sekolahnya di SMA Prisma kota Serang sebagai lulusan terbaik. Ia memiliki keinginan melanjutkan pendidikan lebih tinggi namun, terbentur biaya akhirnya Nuryati Solapari memutuskan bekerja sebagai TKI di Arab Saudi pada tahun 1998.

3 tahun bekerja keras, akhirnya pada tahun 2001 Nuryati kembali ke Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi, meski telah berhasil mengumpulkan uang hasil jerih payahnya selama menjadi TKI selama menuntut ilmu sarjana hukum UNTIRTA, dirinya tetap meluangkan waktu bekerja paruh waktu di salah satu rumah makan dekat kampus untuk menutupi biaya hidupnya sehari-hari.

Seusai meraih gelar sarjana hukum UNIRTA, dirinya melanjutkan pendidikan magister hukum di universitas Jayabaya kemudian berakhir pada gelar doktor hukumUNPAD. Kendati sudah pada puncak gelar akademik yang diperolehnya, tidak membuat nuryati solapari yang akrab disapa bunda nur tersebut melupakan perjalanannya,,wanita yang saat ini bekerja sebagai dosen UNTIRTA, memiliki keinginan kuat untuk mengubah nasib para buruh agar lebih baik.

Saat ini Nuryati Solapari masuk sebagai Komisioner BAWASLU agar dapat turut serta mengawal penegakan demokrasi di Indonesia, khususnya di provinsi Banten. Dirinya ingin menunjukkan bahwa perempuan dapat memiliki sentuhan tersendiri dalam menegakkan aturan berdemokrasi.